mengenal laser cutting

Yuk Cari Tau Cara Mengenali Laser Cutting Keren Ini – LaserCuttingSpecialist.Com Tau apa itu laser cutting.? sedikit akan kami bahas agar Anda lebih mengenalnya. Laser Cutting adalah singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation yang memiliki arti yaitu perbesaran intensitas cahaya oleh pencaran yang terangsang. Waw artinya aneh yah, hehhee tapi itulah artinya untuk mesin berteknologi canggih ini.

Laser merupakan sebuah sumber cahaya koheran yang monokromatik dan juga amat lurus. Untuk itu cara kerjanya mencakup optika dan elektronika dengan para ilmuan biasa menggolongkannya pada bidang elektronika kuantum yang sebenarnya laser merupakan sebuah perkembangan dari MASER, yaitu sebuah huruf M di siyang di singkat dari Microwave yang memiliki arti sebagai gelombang mikro.

Kami akan bahas juga seperti apa sih cara kerja dari maser dan laser adalah sama saja, hanya mereka bekerja pada panjang gelombang yang berbeda saja. laser biasa bekerja pada spektrum infra merah hingga ultra ungu dan sedangkan pada maser memancarkan gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang yang jauh lebih panjang, sekitar 5 cm, lebih pendek sedikit dibandingkan dengan sinyal TV dengan signal UHF yang berarti laser yang memancarkan sinar tampak juga disebut sebagai laser – optik juga.

Prinsip Dari Kerja Laser

Dari sebuah pembangkit sinar laser yang dilakukan dengan cara menstimulasi sebuah bahan penguat oleh pelepasan listrik atau sebuah lampu dalam wadah yang tertutup. Pada saat bahan penguat distriblasi seperti sinar direleksikan secara internal oleh cermin parsial, maka sampai mencai energi yang sangat cukup untuk dapat keluar sebagai aliran cahaya koheren monokromatik. Oleh sebab itu cermin atau serat optik yang biasanya digunakan untuk mengarahkan cahaya koheren kesebuah lensa dan yang memfokuskan cahaya di zona kerja yang ada.

Pada bagian tersempit dari sinat yang telah berfokus umumnya kurang dari 0,0125 mengenal laser cuttinginchi (0,3175 mm) dalam sebuah diameter. Pada Laser cutting yang bekerja dengan mengarahkan output dari sebuah daya laser yang tinggi, pada material yang akan dilakukan pemotongan. Maka material yang kemudian meleleh, terbakar dan juga akan menguap oleh gas dan akan meninggalkan tepi dengan permukaan yang memiliki kualitas sangat tinggi, akibat dari pengaruh yagn diberikannya gas nitrogen tersebut. Laser CO2 merupakan sebuah laser yang memancarkan cahaya monokromatik dan juga koheren, radiasi alser inframerah dengan panjang dari gelombang 10,6 um. Pada media laser aktif dalam sebuah laser CO2 adalah campuran CO2 4,5% N2 13,5% dan He 82% yang ada.

Laser cutting yang memerlukan bantuan pada mesin CNC, yang merupakan selalu dilengkapi oleh sebuah kontrol pengendali untuk membuat sebuah program yang dapat langsung dilihat pada sebuah layar monitornya juga. Pada mesin CNC sendiri memang sudah dapat digunakan atau sudah berfungsi apabila diperintahkan dengan menggunakan kode dari komputer tersebtu yang sudah terinstall software laser cutting CNC yaitu M-COde dan G-Code dimana pada saat melakukan pembuatan suatu produk atau melakukan sebuah proses permesinan dengan menggunakan mesin CNC dapat juga dilakukan dengan membuat program manual menggunakan kode G dan M tadi, atau dapat juga penggunaan program otomatis.

Jika dengan menggunakan cara tersebut, maka kita hanya melakukan atau cukup dengan membuat gambar pada komputer sesuai dengan benda yang akan kita buat kemudian disimulasikan prosesnya sesuai dengan urutan kerja dengan menggunakan sotware CAD (Computer Aided Desain) dan juga Software CAM (Computer Aided Manufacturing) tertentu juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *